Perilaku Konsumen
Perilaku Konsumen
perilaku konsumen adalah studi tentang individu dan organisasi, serta bagaimana mereka memilih dan menggunakan produk.
perilaku konsumen meliputi beberapa hal, yaitu
- bagaimana pengaruh lingkungan terhadap perilaku konsumen?
- bagaimana promosi dan campaign produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen?
- apa pendapat konsumen seputar kompetitor produk?
- diantara banyak alternatif yang ada, bagaimana konsumen memilih produk?
Manfaat Studi Perilaku Konsumen
1. Memahami perbedaan berbagai kelompok konsumen
sebuah produk bisa punyaberbagai macam konsumen, dengan studi perilaku konsumen kita dapat menemukan perbedaan pada setiap konsumen tersebut.
2. Merancang program marketing yang sesuai
pemahaman mengenai studi perilaku konsumen dapat membantu kita menemukan program pemasaran yang sesuai.
3. Memprediksi trend pasar
trend akan terus berubah sepanjang waktu. perubahan ini bisa terus diikuti dengan studi perilaku konsumen, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat produk yang sesuai perkembangan zaman.
4. Meningkatkan daya saing dengan kompetitor
kamu dapat lebih mengenal kompetitor melalui studi ini, seperti; apakah pelanggan membeli produk dari pesaing, atau mengapa konsumen membeli produk dari pesaing hingga apa tanggapan konsumen mengenai perbandingan produkmu dengan produk kompetitor.
setelah mengetahui hal itu, kamu bisa membuat produk yang lebih ungguldan lebih cocok dengan konsumen.
5. Meningkatkan customer service
tiap konsumen membutuhkan bentuk layanan yang berbeda. setelah mempelajari perilaku konsumen, maka kamu dapat memberikan pelayanan berkualitas yang sesuai.
Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
1. faktor pribadi
- usia
- jenis kelamin
- budaya
- profesi
- latar belakang
2. faktor psikologis
- kebutuhan pribadi sebagai konsumen
- campaign pemasaran
3. faktor sosial
- lingkungan
- media sosial
- kelas sosial
- pendapatan
- tingkat pendidikan
4. faktor budaya
- nilai nilai ideologi komunitas mereka
- kepercayaan komunitas
- kebutuhan keluarga dan komunitas
- kelas sosial
Komentar
Posting Komentar