Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret

 Penerapan sistem Informasi

indomaret merupakan jaringan minimarket yag menyediakan kebutuhan pokok dan sehari hari. dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, sejak tahun 1988 dan saat ini sudah memiliki lebih dari 10.000 toko retail di Indonesia. Value yang dibawa Indomaret dalam mencapai visi dan misinya adalah "Mudah dan Hemat".

Struktur ritel Indomaret


Pengenalan sistem PoS

  • Point of Sale merupakan mesin perangkat keras sekaligus perangkat lunak yang digunakan untuk transaksi.
  • sistem PoS modern dilengkapi dengan sistem pelaporan manajemen terintegrasi yang sering digunakan di kasir yang membuka layanan ritel
  • sstem PoS juga dapat berupa perhitungan akuntansi terintegrasi, manajemen barang dan stok, modul penggajian, perhitungan dagang dan lainnya.

PoS Indomaret

  • memiliki 5 hardware; komputer ke semua PoS, printer struk, cash drawer, barcode scanner dan electronic data captur
  • di komputer kasi terpapar data dari program software yang mencakup data markup produk, kebijakan pajak dan total toko.

sistem kerja;

komputer store terhubung ke komputer Depot di kantor pusat. 
komputer Depot memonitor inventaris setiap toko
kartu member indomaret; diproses mesin EDC Bank Mandiri

fungsi kasir;

  • input data penjualan fisik
  • pendaftaran member customer
  • pembayaran

sistem informasi pada minimarket bekerja dengan cara;

  • akun supplier yang terhubung dengan inventory minimarket
  • memungkinkan supplier untuk mengecek stok persediaan minimarket

keuntungan aplikasi;

  • pemberitahuan diskon
  • pembayaran online
  • pembelian online
  • COD payment
  • special price
  • free delivery
operational system ini akan secara otomatis merincikan barang yang terjual dan barang yang tersisa beserta besarannya dalam nominal uang. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan untuk laporan keuangan dalam sistem keuangan pihak finance.

Komentar