Perilaku Belanja Konsumen
Perilaku Belanja Konsumen
perilaku belanja konsumen merupakan suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian suatu barang dan jasa yang mendasari pengambilan keputusan dalam pembelian suatu produk.
perilaku pembelian konsumen mengacu pada tindakan yang dilakukan oleh konsumen sebelum membeli suatu produk atau layanan. proses ini mungkin termasuk berkonsultasi dengan mesin pencari, terlibat dengan posting media sosial, atau hal yang lainnya.
ada dua tipe konsumen yang merujuk pada perilaku belanja, yaitu;
1. Rasional, mengedepankan spek konsumen secara umum, antara lain;
- tingkat kebutuhan mendesak
- kebutuhan utama atau primer
- daya guna suatu produk
2. Irasional, mudah terbujuk diskon atau marketing tanpa mengedepankan aspek kebutuhan atau kepentingan.
Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Konsumen
- faktor budaya, ditentukan dengan sosiasi, keyakinan agama atau bahkan lingkungan tempat tinggal.
- faktor sosial, elemen dalam lingkungan seseorang yang memengaruhi cara mereka melihat produk.
- faktor pribadi, contohnya usia, status, anggaran, kesukaan, nilai, dan moral.
- faktor psikologis, keadaan pikiran seseorang ketika mereka didekati dengan suatu produk akan sering menentukan bagaimana perasaan mereka tidak hanya tentang barang itu sendiri, tetapi mengenai merk secara keseluruhan.
Motivasi Belanja Konsumen
- utilitarian shopping motivation, yaitu berdasarkan manfaat atau kegunaan barang tersebut
- hedonic shopping motivation, dipengaruhi perasaan emosional sehingga tidak memerhatikan manfaat produk yang dibeli
- unplanned buying, pembelian secara mendadak tanpa rencana pembelian sebelumnya
- online shopping.
Perspektif Perilaku Konsumen di Indonesia
- short thinking, pembelian suatu produk tanpa memikirkan kegunaannya secara berkelanjutan
- impulse buyer, yaitu keinginan seseorang untuk membeli suatu produk dalam jumlah banyak secara tiba tiba tanpa melalui pertimbangan dan proses berpikir yang panjang.
- foreign brand orientation, kegilaan pembelian produk luar negeri. biasanya berupa pakaian atau perabotan serta hal lainnya.
- conventional technology.
Komentar
Posting Komentar