Konsep Manajemen Bisnis Ritel

 Manajemen Bisnis Ritel

Pengertian Manajemen Bisnis Ritel

kata manajemen berasal dari bahasa Prancis Kuno "management" yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. kata manajemen juga berasal dari bahasa Italia "Manneggiare" yang berarti mengendalikan. dari dua kata itu kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen adalah bagian yang merencanakan, mengelola dan menjalankan bisnis.

secara umum dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis ritel adalah segala cara pengaturan menyeluruh untuk menjalankan usaha bisnis ritel secara profesional dan dapat menghasilkan tujuan yang diimpikan.

Fungsi Manajemen Bisnis Ritel 

Henry Fayol mengemukakan lima fungsi manajemen yaitu merancang, mengorganisisr, memerintah, mengordinasi dan mengendalikan. namun, saat ini kelima fungsi tersebut diringkas menjadi tiga, yaitu;

  1. Perencanaan, kegiatan memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki
  2. pengorganisasian, membagi suatu kegiatan besar
  3. pengarahan, suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Prinsip Manajemen Bisnis Ritel

  1. pembagian kerja, disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian
  2. wewenang dan tanggung jawab
  3. disiplin
  4. kesatuan pengarahan
  5. pemusatan
  6. hierarki
  7. penggajian pegawai
  8. ketertiban
  9. keadilan dan kejujuran
  10. stabilitas keadaan karyawan
  11. prakarsa
  12. semangat kesatuan dan semangat para karyawan ritel

Manajemen Pemasaran Ritel

  • Tujuan

  1. membantu pengusaha bisnis ritel berorientasi kemasa depan
  2. adanya koordinasi keputusan
  3. adanya perencanaan yang menekankan tujuan operasional

  • Masalah Masalah yang Muncil Akibat Kurangnya Perencanaan Pemasaran

  1. peluang mendapatkan laba hilang
  2. angka angka yang tidak berarti dalam rencana jangka panjang bisnis ritel
  3. kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan
  4. perselisihan antarfungsional
  5. frustasi manajemen
  6. perkembangan produk dan pasar yang tidak sesuai target
  7. pengeluaran promosi yang sia sia

  • Batasan Manajemen Pemasaran

batasan manajemen pemasaran berdasar pada beberapa pertanyaan dibawah;
  1. where are we now?
  2. where do we go?
  3. how do we go?

  • Evolusi Faktor Bauran Rencana Pemasaran

  1. product
  2. price
  3. promotion
  4. place
  5. people
  6. process
  7. physical evidence

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis Ritel

  • SDM yang profesional sangat penting untuk mensukseskan usaha tersebut. SDM merupakan aset penting dan termahal dalam sebuah bisnis ritel.

  • permasalahan strategis dalam pengelolaan SDM ritel

  1. harus memiliki bentuk struktur organisasi yang mampu membagi tanggung jawab dan otoritas dalam melaksanakan tugas pada bisnis unit beserta orang orangnya.
  2. harus mengkordinasikan aktifitas berbagai departemen dan memotivasi karyawan untuk dapat bekerja kearah keberhasilan perusahaan
  3. harus memiliki program yang dapat digunakan untuk membangun komitmen dan mempertahankan nilai SDM.

  • Membangun komitmen karyawan

  1. bentuk pendekatan; meningkatkan keterampilan, memberdayakan karyawan dan menciptakan hubungan kemitraan dalam karyawan
  2. melalui hubungan kemitraan; mengurangi perbeddaan status antar karyawan, memberikan peluang promosi dan diberikan flextime dan sharingjob.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret