Jenis dan Karakteristik Pelanggan
Jenis dan Karakteristik Pelanggan
ada berbagai jenis pelanggan yang harus diketahui untuk keperluan usaha. selain menjaga hubungan baik dengan pelanggan, kita juga harus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang disediakan.
kesuksesan sebuah bisnis terletak dari seberapa banyak pelanggan yang didapatkan. dalam menyusun strategi tersebut, kita perlu mengetahui serta memahami jenis dan karakteristik pelanggan.
Jenis Pelanggan
secara umum, jenis pelanggan dibagi menjadi tiga, antara lain;
1. pelanggan internal
pelanggan internal adalah pelanggan yang berasal dari lingkup dalam perusahaan yang membeli suatu produk aau layanan untuk dijual kembali kepada orang lain.
pelanggan internal dapat berupa agen, lembaga atau organisasi yang mendistribusikan produk atau layanan jasa yang kita sediakan.
2. pelanggan eksternal
pelanggan eksternal adalah pelanggan yang menggunakan produk atau layanan jasa dari suatu perusahaan. pelanggan eksternal disebut juga pelanggan akhir.
cara untuk mendapatkan kepercayaan atau feedback dari pelanggan eksternal adalah dengan membuat produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
3. pelanggan antara
pelanggan antara adalah pelanggan yang bertindak sebagai perantara produk. hampir sama dengan pelanggan internal, hanya saja pelanggan antara bukan berasal dari lingkup perusahaan, melainkan individu atau jelompok umum yang mendistribusikann produk.
Karakteristik Pelanggan
1. pelanggan baru, ciri cirinya kerap kali mengajukan banyak pertanyaan dan menjadi pelanggan yang potensial di masa yang akan datang.
2. pelanggan potensial, biasanya menunjukan ketertarikan terhadap produk. ketertarikan tersebut memiliki potensi yang besar dalam mendapatkan pelanggan yang loyal.
3. pelanggan impulsif, ciri cirinya cenderung sopontan dalam membeli produk dan tidak perlu hal yang persuasif untuk meyakinkan mereka. kemudahan dalam menjangkau suatu produk menjadi hal utama untuk mendapatkan konsumen yang impulsif.
4. pelanggan hemat, biasanya menyukai produk yang sedang diskon atau memiliki promo tertentu. pelanggan karakteristik ini, cenderung enggan membeli produk dengan harga normal.
5. pelanggan loyal, saat menemukan produk yang tepat maka mereka enggan berpindah ke produk yang lain. selain itu, mereka cenderung merekomendasikan produk ke rekan rekannya.
Komentar
Posting Komentar