Strategi Pemasaran; Pengertian, tujuan, fungsi serta konsep Strategi Pemasaran

 Pengertian

Strategi pemasaran adalah serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat, sehingga dapat mencapai target pasar, salah satunya produk yang ditawarkan dapat terjual dan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Tujuan

1. meningkatkan koordinasi antar personil

dengan adanya strategi pemaaran dapat menggerakan personil yang bertanggung jawab untuk melaksanakannya. dengan demikian maka koordinasi akan terjalin da terajut dengan baik antar personil dalam divisi pemasaran di sebuah perusahaan.

2. Sebagai alat ukur kerja

akan sulit bagi perusahaan untuk bisa memantau bagaimana kualitas kerja para personil didalamnya jika tidak adanya trategi pemasaran. Sehingga selain sebuah sistem memasarkan produk, strategi pemasaran juga berguna sebagai alat ukur kinerja tim yang tersedia.

3. Dasar mengambil kesimpulan yang logis

Strategi pemasaran dibuat dengan tujuan membantu perusahaan mengenali dan merumuskan masalah yang ada dalam target pasar sehingga bisa menyusun kesimpulan yang logis.

4. Meningkatkan kemampuan menghadapi perubahan

Perusahaan yang sulit mengikuti dan menyesuaikan diri dengan suatu perubahan akan ulit juga mempertahankan eksistensinya. Strategi pemasaran dibuat untuk meningkatkan kemampuan manajemen dalam menghadapi perubahan kondisi yang terjadi.

Fungsi

dibawah ini merupakan fungsi umum strategi pemasaran. dibagi menjadi 5 poin, yaitu;

1. Meningkatkan inovasi pengembangan bisnis

kamu bisa mengetahui kebutuhan maupun keinginan konsumen melalui strategi ini. dengan itu, secara tidak langsung bisa memunculkan inovasi inovasi baru untuk pengembangan bisnis yang dijalankan. 

2. Membuat koordinai tim menjadi lebih Efektif

hal ini disebabkan karena strategi pemasaran membantu mengatur tugas setiap staf dalam bisnis agar bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan.

3. Merumuskan tujuan perusahaan

tujuan adalah hal penting yang harus ditentukan segingga bisnis dapat lebih terarah dan dapat dikatakan berkembang.

4. Mengawasi kegiatan pemasaran

agar dapat menentukan strategi berkelajutan, kamu harus melakukan pengawasan terlebih dahulu. maka secara tidak langsung, strategi pemasaran juga dapat berfungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran. apakah berjalan lancar, apakah ada perubahan yang perlu dilakukan, dan sebagainya.

5. Meningkatkan penjualan

meningkatkan penjualan adalah hasil akhir dari sebuah strategi pemasaran. dibutuhkan strategi khusus dengan mempertimbangkan, siapa target pasar dan siapa pesaing perusahaan, agar kita dapat menonjolkan kelebihan produk yang tepat.

Konsep Strategi Pemasaran

1. Klasifikasi Pasar

setiap konsumen memiliki selera dan kebasaan yang berbeda. maka dibutuhkannya klaifikasi pasar agar memudahkan kita untuk menemukan target pasar yang tepat.

2. Market positioning

perlu dibuatnya segmen dari pasar yang disesuaikan dengan produk barang dan jasa yang akan ditawarkan. dengan memilih pasar yang tepat, maka nilai penjualan akan menjadi lebih baik.

3. Strategi pada Marketing mix

yang termauk pada strategi mix ini adalah produk, harga, tempat, promosi, tingkat partisipai, proes serta psikologi konsumen. komponen tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana produk kita dilihat oleh konsumen.

4. Waktu yang tepat

agar strategi pemasaran dapat berjalan dengan efektif, maka perusahaan harus mengetahui kapan atau pada saat seperti apa strategi pemasaran tersebut harus dilakukan.


demikian penjelasan mengenai definisi, tujuan, fungsi serta konsep sebuah atrategi pemasaran yang bisa Nie sampaikan. semoga artikel ini membantu kamu yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret