Rencana Pengembangan Usaha
Pengertian
pengembangan usaha merupakan tanggung jawab setiap wirausahawan yang membutuhkan pandangan ke depan, motivasi, inovasi dan kreativitas.
menurut Afuah (2004), pengembangan usaha merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan menginformasikan sebagai sumber daya barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
Unsur Unsur Rencana Pengembangan Usaha
1. unsur internal
a. Adanya niat dari pengusaha atau wirausahawan
b. Mengetahui teknik memproduksi barang
c. Membuat anggaran
2. unsur eksternal
a. Mengikuti perkembangan
b. Mendapat tambahan dana
c. Mengetahui kondisi lingkungan sekitar
Jenis Pengembangan Usaha
menurut Subagyo (2008), secara umum pengembangan usaha dibagi menjadi dua jenis, yaitu;
1. Pengembangan Vertikal, adalah perluasan usaha dengan cara membangun inti bisnis baru yang masih memiliki hubungan langsung dengan bisnis utamanya.
2. Pengembangan Horizontal, adalah pembangunan usaha baru yang bertujuan memperkuat bisnis utama untuk mendapatkan keunggulan komparatif.
Strategi Pengembangan Usaha
menurut Hendro (2011), terdapat beberapa strategi yang biasa digunakan dalam pengembangan usaha, yaitu;
1. Mengembangkan pasar dari sisi produknya
merupakan langkah yang paling memungkinkan untuk dilakukan karena produk utamanya telah diperkenalkan dan sudah tumbuh, sehingga masalah profitabilita serta polaritas dan kualitas sudah diterima dipasar.
2. Mengembangkan pasar dari sisi sistem penjualannya
a. Internal atau dengan mengembangkan sendiri seperti membuka cabang baru atau sejenisnya.
b. pihak lain yaitu dengan membuka jaringan pemasaran secara berjenjang, membuat, menyusun, dan merencanakan sistem Franchising dengan menjual jaringan, standar operasional, merk, nama perusahaan dan lain lain.
c. gabungan, merupakan cara yang tepat untuk memperbesar pasar bila modalnya cukup da ingin cepat menjadi besar adalah akuisisi atau mengambil alih bisnis lain dan merger atau menggabungkan dua badan usaha atau lebih.
3. Mengembangkan pasar dengan strategi integrai
a. vertikal, dengan cara membeli perusahaan kedalam atau membeli perusahaan keluar arah konsumen.
b. horizontal, penyatuan perusahaan yang produknya tidak sama tetapi menunjang kesuksesan satu sama lain.
4. Mengembangkan pasar dengan sinergisme
yaitu dengan cara mengadakan perjanjian kerja sama antara dua perusahaan yang berbeda paar dengan tujuan tukar pasar dan memperkuat satu sama lainnya.
Tahapan Pengembangan Usaha
1. Memiliki ide usaha
2. Penyaringan ide atau konsep usaha
3. Pengembangan rencana usaha
4. Implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha
5. Evaluasi
Komentar
Posting Komentar