Perencanaan Bisnis
sebuah usaha, tidak dapat kita mulai begitu saja. diperlukan perencanaan perencanaan yang bisa membantu atau menopang uaha tersebut nantinya.
Pengertian
Perencanaan bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu usaha bisa mencapai tujuan bisnis tersebut.
Dalam perencanaan bisnis, kamu perlu menuliskan secara rinci mengenai pemasaran, keuangan, serta pengoperasian bisnis tersebut.
Apa Manfaat perencanaan Bisnis?
1. Membantu mendapatkan modal
yang pertama yaitu membantu mendapatkan modal. maksudnya gimana ya? misalnya, kamu menuliskan secara keseluruhan pengeluaran yang mungkin kamu keluarkan, dari situ kita dapat denan mudah mencari modal sesuai dengan yang kita perlukan.
2. Mengelola pertumbuhan perusahaan
kamu dapat dengan mudah melihat perbandingan pertumbuhan perusahaanmu melalui perencanaan awal yang dibuat dengan operai terakhir perusahaanmu yang ingin kamu bandingkan.
3. Menentukan dan memantau tujuan
sebuah bisnis tentu dibangun karena ada tujuan tertentu. entah itu hanya sekedar membuka lowongan pekerjaan, atau juga sebuah kleuntungan pribadi yang ingin didapatkan. Melalui perencanaan bisnis yang kamu buat, kamu dapat memantau perkembangan apa yang terjadi untuk mencapai tujuan tersebut.
4. Menentukan strategi pemasaran
strategi pemasaran juga merupakan sesuatu yang perlu kita rencanakan dengan matang. kita harus menentukan analisis pasar serta target dari usaha yang kita lakukan. baru kita dapat menemukan kesimpulan strategi pemasaran mana yang cocok untuk dilakukan.
5. Mengelola karyawan
yang terakhir, manfaat perencanaan bisnis yaitu mengella karyawan. maksudnya dengan adanya standar operasional prosedur atau aturan aturan lain yang dapat mempermudah alur kerja karyawan.
Elemen Perencanaan
1. Ringkasan eksekutif
ringkasan eksekutif merupakan perencanaan bisnis berupa misi dan tujuan dari perusahaan terebut.
2. Produk dan layanan
menentukan produk dan layanan apa yang akan disediakan serta menentukan harga, masa pakai produk dan manfaat bagi konsumen.
3. Analisa pasar
mencari informasi mengenai kelebihan serta kekurangan pesaing dalam bidang yang sama.
4. Strategi pemasaran
cara memperkenalkan produk, menarik pelanggan serta mempertahankan pelanggan.
5. Perencanaan keuangan
merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang laporan keuangan, ntah itu pemasukan, pengeluaran ataupun uang kas perusahaan.
6. Anggaran
sebuah biaya kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran dan pengeluaran lainnya yang diperlukan untuk perusahaan.
Komentar
Posting Komentar