Pembuatan iklan
Perkembangan iklan terbilang cukup pesat semenjak adanya teknologi digital dan beragam media online yang semakin mudah diakses oleh masyarakat.
Kira kira, Bagaimana cara membuat Iklan yang menarik?
Tips dan Cara Membuat Iklan Produktif yang Efektif
1. Pahami produk yang akan diiklankan
kamu dapat melakukannya dengan menggunakan metode analisis SWOT, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan hal hal yang mengancam produk. kamu akan menemukan dasar yang kokoh tentang mengapa serta bagaimana iklan harus dibuat. Dengan begitu, proses pembuatan iklan akan terasa mudah.
2. Tentukan tujuan dibuatnya iklan
setiap produk yang berbeda pasti mempunyai tujuan iklan yang berbeda. dengan begitu, akan ada target atau acuan yang bisa menjamin kelayakan serta mencapai hasil yang diinginkan.
3. Cari tahu kondisi kompetitor serta target pasarnya
pengiklan mampu mendapatkan modal untuk mampu masuk ke paar dengan lebih efektif. Tujuannya untuk mengetahui apakah metode pengiklanan yang dilakukan pesaing memberikan dampak positif atau tidak, serta bagaimana respon konsumen terhadapnya.
4. Lakukan identifikasi pada pasar produk
dengan kondisi pasar yang luas, pengiklan tentu tidak akan mampu untuk menguasai dan memahami seluruhnya. oleh karena itu, identifikasi dan segmentasi pasar perlu dilakukan.
5. Pertimbangkan saluran pemasaran yang akan digunakan
ada beberapa saluran yang bisa dipilih dengan karakteristiknya masing msing, yaitu;
- paid search, ditampilkan pada mesin pencari atau situs tertentu.
- paid social, ditampilkan disejumlah media sosial.
- Email marketing, mengirimkan pesan komersial seperti promosi dan newsletter melalui email.
- video marketing, ditampilkan disejumlah platform seperti youtube dan termasuk media sosial.
6. Ciptakan iklan melalui ide yang kreatif
iklan dapat menarik perhatian ketika iklan tersebut bersifat kreatif dan menarik. Agar bisa mendapatkan ide baru, perlu dilakukannya brainstorming, mulai dari menulis kata, frasa, konsep, maupun visual pada iklan.
7. Rancang desain iklan
setelah terkumpulnya ide iklan, lalu pilihlah ide atau konsep mana yan dirasa terbaik dan buatlah rancangannya. dalam membuat iklan, ada sejumlah syarat yang perlu diperhatikan, yaitu; mampu menarik perhatian, menciptakan minat, meningkatkan keinginan, meyakinkan konsumen, serta menghasilkan tindakan untuk melakukan pembelian pada produk ataupun jasa yang diiklankan.
8. Tayangkan iklan
langkah selanjutnya adalah memulai kampanye. Pada setiap sluran iklan online pasti ada opsi untuk menentukan parameter pengiriman iklan. Kamu dapat memilih target audiens sesuai dengan kelompok umur, gender, jenis situs dan sebagainya.
9. Lakukan evaluasi terhadap iklan yang sudah ditayangkan
ketahuilah respon konsumen, apakah prosesnya sudah berjalan sesuai harapan ataukah tidak. Catat seluruh data terkait kinerja iklan agar bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi projek mendatang.
Komentar
Posting Komentar