Pemasaran
Pemasaran secara Retail
pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra serta masyarakat umum.
Jelasnya, Pemaaran merupakan suatu kegiatan dimana kita berusaha untuk menarik minat konsumen pada apa yang kita pasarkan.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi sebuah keinginan. Proses pemenuhan kebutuhan inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari penyediaan produk, penetapan harga dan pengiriman barang serta mempromosikan barang.
Strategi Pemasaran Retail
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Swastha berpendapat bahwa strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.
Pemasaran menurut W. Y Stanton merupakan sesuatu yang mencakup seluruh sistem yang bersangkutan dengan destinai untuk merencanakan dan menilai harga hingga dengan mempromosikan dan menyalurkan barang serta jasa yang dapat memuaskan keperluan pembeli aktual maupun potensial.
Pemasaran memiliki tujuan, yaitu;
1. konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2. perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemsaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan produk, desain produk, promosi produk, komunikasi pada konsumen sampai pengiriman produk agar sampai ketangan konsumen secara tepat.
3. mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual.
Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor faktor sebagai berikut;
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yitu demografi/ekonomi, politik, teknologi dan sosial/budaya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita hendak melakukan pemasaran sebuah produk, yakni;
1. Tempat yang strategis (Place)
2. Produk yang berkualitas (Product)
3. Harga yang kompetitif (Price)
4. Promosi yang gencar (Promotion)
5. Sumber daya manusia (People)
6. Proses/ aktivita bisnis (Process)
7. Bukti fisik perusahaan (Physical Evidence)
Contoh Pemasaran secara Retail
Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan sebuah perusahaan melakukan komunikasi dengan konsumen secara langsung.
1. Personal Selling
adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Personal selling dianggap sangat efektif untuk memperkenalkan produk baru.
2. Catalog Marketing
adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan atau memberikan katalog keberbagai pasar dan target lainnya yang memungkinkan.
Komentar
Posting Komentar