Model Pengelolaan Kegiatan

 Model Pengelolaan Kegiatan

event adalah suatu kegiatan atau acara yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu dan pada waktu tertentu yang melibatkan lingkungan masyarakat, event organizer, kepanitiaan atau penyelenggara acara.

berikut merupakan pengertian event menurut para ahli;

  • menurut Kennedy (2009), event adalah pameran, pertunjukan atau fetival dengan syarat ada penyelenggara, peserta dan pengunjung.
  • menurut Sulaksana (2003), event merupakan suatu peristiwa yang dielenggarakan untuk mengkomunikaikan pesan tertentu kepada audiens sasaran.
  • menurut Allen (2002), event adalah suatu ritual istimewa penunjukkan, penampilan, atau perayaan yang pasti direncanakan untuk mencapai tujuan sosial, budaya atau tujuan bersama.
  • menurut Noor (2009), event merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan unuk memperingati hal penting sepanjang hidup manusia  baik secara individu atau kelompok yang berhubungan secara adat, budaya, tradisi, dan agama yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan  masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertenttu.

Jenis event

  • event perusahaan
  • event promosi
  • event pribadi
  • event pendidikan
  • event seni
  • event amal
  • event publikasi

    berdasarkan ukuran dan skala

  • mega event (internasional, kurang lebih 5 negara dengan minimal 1 juta pengunjung)
  • medium event (100 ribu sampai 1 juta pengunjung)
  • mini event (kurang atau sampai 100 ribu pengunjung)

    kategori spesial event

  • leisure event
  • personal event
  • cultural event
  • organizational event

    berdasarkan jenis acara

  • one stop service agency
  • meeting, incentive, conzention, exhibition
  • brand activition
  • musik dan hiburan
  • pernikahan
  • ulang tahun
  • penyelenggaraan pribadi

Karakteristik event


menurut Noor (2009), sebuah event yang menarik harus memiliki karakteristik dalam penyelenggaraannya, yaitu mempunyai ciri terendiri dan cenderung memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Adapun karakteristik event yang bagus adalah sebagai berikut;

  • Uniquenese

kunci utama suksenya ebuah event adalah pengembangan ide sehingga event memiliki keunikannya sendiri. event yang dimaksud adalah event yang tidak mudah dilupakan oleh target audiens. keunikan tersebut dapat berasal dari peserta yang ikut serta, pembangunan acara, lingkungan, sera hal lainnya.

  • Perishability

kemungkinan terjadinya event yang tidak esuai dengan rencana atau acara tidak hidup sehingga kurang memuakan. apabila event tidak dibangun dengan baik, maka target yang di inginkan tidak akan tercapai.

  • Intangibility

setelah menghadiri event, yang tertinggal diingatan pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan. bagi penyelenggara hal ini merupakan tantangan untuk mengubah pelayanan intangible menjadi sesuatu yang berwujud sehingga mampu mengubah persepsi pengunjung.

  • Personal Interaction

pengunjung yang datang pada suatu event juga memiliki peran yang besar terhadap suksenya event. contohnya, keterlibatan aktif penonton pada event konser musik dimana penonton dilibatkan untuk bernyanyi sehingga mereka berkontribusi pada terselenggaranya event tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret