Jenis Jenis Event Menurut Para Ahli

 Jenis Jenis Event

1. menurut Noor, terdapat empat jenis event, yaitu leisure event, cultural event, personal event, dan organization event. berikut penjelasannya;

  • leisure event

merupakan kategori event yag banyak berkembang pada kegiatan perolahragaan yang didalamnya memiliki unsur pertandingan dan mendatangkan banyak pengunjung.

  • personal event

kegiatan yang didalamnya melibatkan anggota keluarga atau teman dimana kategori event ini dapat dikatakan lebioh sederhana.

  • cultural event

kegiatan yang indentik dengan budaya atau memiliki nilai sosial yang tinggi dalam tatanan masyarakat. dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang kian pesat mendorong pula penyelenggaraan cultural event yang terkemas dengan lebih menarik serta mampu menyesuaikan dengan situai dan kondisi pada era modern sehingga menjadi suatu susunan yang berkesan.

  • organization event

kegiatan yang disesuaikan dengan tujuan organisasi. contohnya konferensi pada sebuah partai politik atau pemasaran ebuah produk yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau perusahaan dengan tujuan organisasi atau perusahaan tersebut.

2. Menurut Abdullah, berdasarkan ukuran dan skala event dibagi menjadi tiga, yaitu mega event, medium event dan mini event. penjelasan ketiga event tersebut adalah sebagai berikut;

  • mega event

event yang merujuk pada kriteria diikuti pengunjung internasional, regional setidaknya 5 negara, pengunjung dalam jumlah total keseluruhan berdasarkan durai kegiatan yaitu lebih dari 1 juta orang pengunjung, investai yang lebih besar, keuntungan lebih besar, dan berdampak besar pada ekonomi masyarakat serta diliputi oleh media secara luas.

  • medium event

event dengan kegiatan menengah yang dikunjungi antara 100 ribu orang sampai dengan 1 juta orag pengunjung yang berdampak secara nasional

  • mini event

event dengan kegiatan yang diikuti oleh kurang dari 100 ribu orang pengunjung dan bersifat lokal.

3. sedangkan menurut Ruslan, berdasarkan jenis acara yang diselenggarakan terbagi menjadi beberapa event, yaitu;

  • hari hari dan pekan pekan khusus, suatu organisasi seringkali memilih suatu hari atau pekan tertentu yang diresmikan untuk tujuan dan kegiatan organisasinya yang ditetapkan secara resmi.
  • pameran dan pertunjukkan, pameran dan pertunjukkan barang dan ja yang telah memikat minak khalayak adalah segi penting dari kebanyakan program. pameran dagang bisnis dan profesional, pekan raya internasional serta pameran lokal lainnya.
  • rapat dan konferensi, konferensi dan rapat diselenggarakan dengan adanya para pemuka pendapat dan tokoh masyarakat dari luar, contohnya pertemuan tahunan dan regional para pemegang saham menyediakan berbagai forum guna melaporkan kedudukan keuangan perusahaan.
  • peringatan, upacara peringatan dari organisasi bisnis dan sosial menciptakan suatu kesempatakan berkomunikasi dengan publik yang berkenaan dengan kemajuan presentasi dan sumbangan organisasi yang bertujuan menumbuhkan perasaan bangga dan kepercayaan diri bagi publiknya.
  • hadiah khusus, berbagai hadiah khusus bagi para karyawan, pemilik saham, pedagang atau bahkan para pelanggan.
  • open house, merupakan peristiwa khusus yang dilakanakan secara besar besaran dalam berbagai program hubungan perusahaan. 
  • kontes, berbagai konte bagi para konsumen, pemilik saham, para karyawan dan para pedagang terkandung ke dalam berbagai program publik relation di beberapa organisasi.
  • parade dan pawai, parade dan pawai memegang peranan dalam program hubungan dengan komunitas di beberapa organisasi.
  • peristiwa kemsyarakatan yang disponsori, organisasi industri dan nonprofit serta angkatan bersenjata menponsori berbagai peristiwa kemasyarakatan setempat dimana mereka memiliki sarana guna tujuan pemberitaan tentang berbagai kegiatan dan membantu perbaikan umum kepada masyarakat, pendidikan, kegiatan kebudayaan, kesehatan, hiburan dan kepemudaan.
  • organisasi yang disponsori, berbagai peruahaan mesponsori organisasi dan masyarakat untuk menunjukan itikad baik bagi dukungan sebuah perusahaan atau organisasi.
  • peresmian, peresmian sarana dan jasa baru memberikan peluang penting.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret