10 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
ada banyak pendapat para ahli tentang pengertian dari Strategi Pemasaran, diantaranya;
1. Paul dan Guiltinan
strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis atau perusahaan. adapun cara yang digunakan adalah dengan menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, saran dan sebagainya.
2. Tjiptono
Strategi pemasaran adalah suatu alat yang direncanakan dandirancang secara fundamental. Proses perancangan ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan dalam bersaing melalui suatu program khusus dalam rangka melayani pasar secara berkesinambungan.
3. Philip Kotler
Strategi Pemasaran yaitu suatu cara dimana fungsi dari pemasaran menyelenggarakan kegiatannya agar bisa mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam kegiatan penjualan pada level marketing mix.
4. Michael Baker
suatu tujuan dasar dalam meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
5. Christian Homburg
adalah semua upaya yang dilakukan baik jangka pendek maupun panjang di bidang pemasaran. Upaya ini berhubungan denan analisis situasi awal strategis dri perusahaan, yang mana strategi tersebut diawali dengan perumusan. kemudian evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan dari perusahaan atau bisnis.
6. David Aaker
David menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah suatu proes yang diawali dengan proses pemindahan lingkungan bisnis, baik lingkungan internal maupun eksternal. Proses pemindahan ini bertujuan untuk memahami banyak aspek penting dari lingkungan eksternal. Proses pemahaman ini bertujuan agar bisnis dapat bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, hukum, ekonomi, budaya dan politik.
7. Hausman dan Associates
diartikan sebagai ebuah desaim pemasaran dalam jangka panjang yang bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan. Proses pengoptimalan ini dilakukan dengan memberikan pelanggan kepuasan.
8. Robert W. Palmatier dan Shrihari Sridhar
adalh sesuatu yang terdiri dari keputusan dan tindakan yang difokuskan pada membangun keunggulan diferensial yang berkelanjutan, relatif terhadap pesaing, dibenak pelanggan, untuk menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan.
9. Kurtz
Program yang menyeluruh dari perusahaan dalam upaya menentukan target market serta untk memuaskan konsumen. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun kombinasi atau perpaduan dari elemen elemen yaitu produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.
10. Stanton
merupakan sebuah sistem dimana terdapat hubungan antara tujuan perencanaan dan penentuan harga dengan bagaimana mempromosikan serta menyalurkan atau mendistribusikan produk baik barang atau jasa kepada konsumen.
Itulah beberapa pengertian strategi pemasaran yang dikatakan oleh para ahli di bidang marketing. Semoga membantu!
Komentar
Posting Komentar