PENATAAN PRODUK: Pengertian, Tujuan, dan Jenis Penataan Produk
Penataan Produk
Produk merupakan barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Barang adalah produk yang bersifat tangible (berwujud).
Pernah gak sih kalian memperhatikan tempat kalian membeli sesuatu seperti warung, toko bahkan supermarket? Produk yang tersedia, pasti ditata sesuai dengan tempat yang tersedia dan cantik atau tidaknya apabila dilihat. Itu adalah sebuah teknik Penataan Produk.
Penataan produk (display) adalah kegiatan dari suatu perusahaan untuk memajang barang/produk yang diperjualbelikan dengan sesuai baik didalam maupun diluar ruangan.
Mengapa kita perlu menata produk? Apa tujuan Penataan Produk?
Tujuan Penataan Produk
Ada beberapa tujuan dari pendisplay-an produk. Apa aja ya kira kira?
1. Attention and Interest Customer
Tujuan pertama dari penataan produk yakni mendapatkan perhatian serta menarik konsumen melalui kesesuai-an waena produk, sorotan lampu, dan lain lain.
2. Desire and Action Customer
Penataan produk bertujuan pula untuk menimbulkan keinginan membeli barang yang dipajang dengan pemajangan yang sesuai.
Jenis Penataan Produk
Penataan Produk memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih untuk disesuaikan dengan tempat yang diinginkan.
Pertama, penataan produk dapat dibagi melalui cara pemajangannya. Contoh:
1. Window Display, pemajangan barang pada jendela/menghadap jendela dengan tujuan menarik minat konsumen.
2. Interior Display, pemajangan barang didalam toko seperti ditata diatas lantai, rak, meja, dan sebagainya. Interior display dapat dikatakan lebih unggul karena umumnya konsumen menyukai jenis penataan ini. Ada beberapa macam penataan yang masuk kedalam kriteria interior display.
a. Open Display, penataan produk ditempat terbuka sehingga memudahkan konsumen memilih dan mengambil barang yang diinginkan.
b. Closed Display, penataan produk ditempat tertutup seperti didalam lemari kaca sehingga tidak dapat dipegang secara langsung. Bertujuan untuk melindungi barang dari kerusakan atau pencurian.
c. Architectural Display, penataan produk yang disesuaikan dengan fungsinya. contohnya kasur, maka dalam pemajangannya akan dibuat seperti kamar tidur pada umumnya dengan bantuan barang barang lainnya.
3. Exterior Display, merupakan pemajangan produk diluar ruangan. Biasanya dilakukan apabila ada pameran, bazar, dan event lainnya.
Gimana nih temen temen, sampai sini udah paham belum tentang Penataan Produknya?
Komentar
Posting Komentar