Administrasi Transaksi: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Unsur Unsur Administrasi Transaksi

 Tau gak sih temen temen? Disekitar kita itu, banyak banget hal yang menggunakan sistem Administrasi Transaksi. Sebenernya, apa sih administrasi transaksi itu?

Pengertian Administrasi Transaksi

Administrasi Transaksi adalah kegiatan pencatatan perusahaan pada setiap terjadinya perubahaan posisi keuangan yang dilakukan secara terstruktur dengan metode tertentu. Perubahan tersebut dapat berupa pengurangan atau penambahan, akibat terjadinya proses jual beli, dan hal lainnya.

pencataan yang dilakukan dapat melalui buku kecil atau excel secara manual, namun apabila pencatatan yang dilakukan berskala besar, maka pencatatan akan dilakukan melalui sistem secara otomatis.

Administrasi transaksi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pencatatan, pengelolaan, pengiriman atas kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan keuangan.

Fungsi Administrasi Transaksi

apa aja sih fungsi Administrasi Transaksi? 

1. Pencatatan, seluruh transaksi yang terjadi selalu tercatat dalam buku maupun sistem.

2. Pemeliharaan, seluruh buku atau dokumen yang berhubungan dengan transaksi dapat terpelihara dngan baik.

3. Penyediaan, informasi mengenai transaksi selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah.

4. Pengerjaan, pengerjaan buku dan dokumen mengenai transaksi dapat sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Manfaat Administrasi Transaksi

manfaat adminitrasi transaksi tidak jauh berbeda dengan fungsi administrasi transaksi. namun, untuk perusahaan, hal tersebut dapat bermanfaat dalam jangka yang panjang.

1. memudahkan berhubungan dengan pihak luar.

2. memperkecil risiko kerugian.

3. memudahkan pemberian layanan pada konsumen.

4. memudahkan pemilik perusahaan untuk melihat perkembangan bisnisnya.

Unsur Unsur Administrasi Transaksi

administrasi transaksi terdiri dari bebrapa unsur, diantaranya:

1. Manusia

SDM yang terlibat haru mempunyai keterampilan dan ketelitian dalam hal pencatatan dengan sangat baik, sehingga dokumen yang dihasilkan bisa rapi dan tidak terdapat kesalahan yang dapat menimbulkan kekeliruan.

2. Material

Material atau harta kekayaan perusahaan adalah eluruh sarana dan prasarana yang dapat menunjang berlangsungnya kegiatan administrasi transaksi.

3. Metode

unsur yang terakhir adalah metode, yaitu cara tertentu yang dilakukan oleh perusahaan dalam melaksanakan administrasi Transaksi.


Gimana? Udah paham belum ya kira kira?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Ritel Indomaret